Meraih WTP 2017

Kegiatan Review LKPD
Kegiatan Review LKPD

INSminut – Bukan sekedar menampilkan kantor yang tampak megah setelah selesai direnovasi, namun menampilkan berbagai torehan eksistensi kinerja yang lebih berdampak pada hasilnya.

Pendampingan BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara
Pendampingan BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara

Buktinya Minahasa Utara kembali mempertahankan predikat dari BPK – RI yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), hal ini tidak lepas dari peranan Instansi Inspektorat karena pencapaian WTP merupakan sala satu indikator penting dan utama yang menjadi tolak ukur Kinerja Inspektorat.
Selain memfokuskan kinerja pada pencapaian WTP lewat kegiatan Reviu LKPD, Monitoring dan penanganan Tindak Lanjut Rekomendasi Temuan BPK, Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu/Pemeriksaan Khusus atas permintaan BPK, Koordinasi dengan BPK, Pendampingan Pemeriksaan BPK, Inspektorat Minut juga melaksanakan kegiatan Internalnya yaitu Kegiatan PKPT I yang terdiri dari Pemeriksaan Reguler I terhadap LKP Desa dan Laporan Pengelolaan Dana – dana Sekolah (BOS, DAK, BOP, Komite). Kegiatan PDTT/Pemsus terkait laporan Masyarakat, atas Permintaan Bupati dan terkait isu Pemberitaan pada Media masa. Kegiatan Pemeriksaan sisa Barang Persediaan TA 2016 disetiap OPD. Kegiatan Pemeriksaan Aset Sekolah SMA/SMK yang akan dialihkan ke Provinsi. Kegiatan Reviu Pengadaan Barang dan jasa, Reviu LAKIP, Reviu RKPD, Reviu Penyerapan Anggaran.

Kegiatan Pelatihan kantor sendiri, Bimtek, Diklat, Koordinasi dan Konsultasi. Kegiatan Pendampingan BPKP dan Inspektorat Provinsi. Dan Kegiatan pemberian materi pada Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa.

Inspektorat Minahasa Utara sekarang diperkuat 37 orang ASN termasuk Inspektur. Dengan Pembagian ASN terdiri dari 7 orang menduduki jabatan di Struktural, 10 orang pelaksana. Dan untuk tenaga Fungsional berjumlah 20 orang terbagi 15 orang Fungsional dengan Jabatan Auditor dan 5 orang Fungsional dengan jabatan Pengawas Pemerintah.

PKS Inspektorat Minahasa Utara dibuka oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan
PKS Inspektorat Minahasa Utara dibuka oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan

Inspektorat Kabupaten Minahasa Utara merupakan salah satu instansi pemerintah yang bernaung dibawa Pemeintahan kabupaten Minahasa Utara dengan tugas dan fungsi utamanya adalah melakukan pengawasan terhadap Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah termasuk Pemerintahan Desa. Juga Melakukan pembinaan di semua bidang tugas yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa Utara dengan mengutamakan pengawasan dan pembinaan pada Standart Proses, standar pelayanan, system Pengendali Internal, mengadakan Reviu, memantau kinerja ASN, penanganan dini potensi KKN, penanganan dini potensi Pungli/gratifikasi dan yang terpenting adalah pengawasan terhadap akuntabilatas dan pertanggungjawaban pengelolaan Keuangan harus sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Selain itu Inspektorat diharuskan secara terus menerus berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK – RI) dalam hal menindaklanjuti Rekomendasi terhadap Temuan – temuan diantaranya temuan administrasi, temuan TGR Bendahara, temuan TGR Non Bendahara dan temuan TGR Pihak Ketiga.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *